Sabtu, 15 Desember 2012

Sleep paralysiS

     Sleep paralysis merupakan bahasa ilmiah tentang gangguan saraf saat tidur atau dalam bahasa orang awam disebut 'ketindihan'. Sebuah penelitian di University of Toronto menemukan bahwa tindihan terjadi karena perubahan kimiawi di otak. Perubahan tersebut menyebabkan saraf-saraf yang menggerakkan tubuh lumpuh untuk sementara (detik health).

Udah tau belum sebenarnya ketindihan itu seperti apa?? Tindihan itu sebenarnya saat dimana kita tidak bisa bergerak saat terbangun tengah malam. Hal sering dikaitkan dengan keberadaan jin atau hantu.

ada hantu comel macam ni e
Sedikit ulasan tadi sebenarnya hanya intro dari ceritaku, ketindihan ini sepertinya sudah lama datang dan pergi dari tidurku. Jika dalam bahasan ilmiah tadi terjadinya ketindihan itu sekitar tengah malam saat terbangun. berbeda lagi denganku yang sambil tidur tidak bisa bergerak dan terjadi saja siang malam sampai berulang-ulang. Tidak tau mau condong ke dunia medis atau bahasa awam yang mengatakan itu gangguan dari jin yang penting rasanya tidak ingin mengalami hal itu lagi. Hmm...soalnya kalo sedang ketindihan memang sering ada hantunya...hehehh. Saat duduk di kelas 6 SD malah liat hantunya berdiri dibelakangku dengan baju putihnya yang kotor, wajahnya yang membusuk dan rambutnya yang panjang. Atau saat sepotong tangan besar yang kotor dan berlumut tergeletak di atas bantal guling yang sedang kupeluk. Masalahnya aq tak bisa bergerak, bibirku bungkam, lidahku kelu. Jadilah hari itu hal yang paling menyeramkan dalam sejarah hidupku. setelah itu karena tak tau apa-apa aq suka menyelipkan bacaan-bacaan Al-Qur'an dibawah bantalku dan ditertawakan oleh semua orang seantero rumah. (padahal aq takut kaaan, eh maklum itu kan belum tau apa-apa).
       Sebenarnya itu bukan pertama kali, kalau tidak salah kelas 2 SD pun sudah kualami, si hantu tadi menggenggam tanganku sangat kuat.Trus setelah masuk asrama pernah lagi??? jelass....katanya kan biasanya asrama itu emang horor dan banyak hantunya. otomatis memang hampir setiap minggu ada gangguan lagi.hehehe hantu?? bukaan tapi jin. alhamdulillah dibandingkan oranglain yang setiap hari diganggu. dari seringnya gangguan tadi..rata-rata aq sudah lupa bagaimana bentuk hantu dan bentuk gangguannya. bukan takut lagi..malah kesallll. meskipun sudah berdoa tidur tetap saja diganggu. Dan alhamdulillah akhir-akhir ini sudah jarang.
      Waktu SMP temanku pernah bertanya pada ustadz selagi belajar hapalan al Qur'an. Ustadz itu mengatakan bahwa itu gangguan dari Jin.Jangan lupa berdoa sebelum tidur.
Hmm....what do you think? aq berada diantara keduanya. kemungkinan keduanya sama. antara ilmiah dan mistis. hehehe

4 komentar:

^_^ sudilah tinggalkan komen, yah , yah, okeh ? arigatou